Mengenal Personal Protective Equipment “PPE”.

Keselamatan dan perlindungan kerja bagi karyawan entah bagian produksi, lapangan, maupun kantoran merupakan hal yang waiib diperhatikan oleh setiap perusahaan di seluruh dunia. Hal ini sudah mendapat perhatian pemerintah banyak negara hingga akhirnya mereka membakukan standar keselamatan tersebut dalam Peraturan Pemerintah. Di Indonesia sendiri, keselamaan kerja karyawan sudah dibakukan dalam beberapa aturan Peraturan Pemerintah dan Undang-Undang. Beberapa Undang-Undang tersebut diantaranya adalah:

Di Indonesia juga sudah ada aturan khusus mengenai Alat Pelindung Diri (Permenakertrans No. 8 Tahun 2010 Tentang Alat Pelindung Diri)

PERMENAKERTRANS NO.8 TAHUN 2010

disebutkan kewajiban pengusaha, ahli keselatan kerja, serta pekerja khususnya tentang APD, termasuk kewajiban perusahaan untuk menyediakan APD secara Cuma-cuma.

Nah, untuk melindungi para pekerja terutama pekerja lapangan baik di sktor konstruksi bangunan, pertambangan, penelitian dan sebagainya, maka ada persyaratan khusus secara global tentang penggunaan Alat Keselamatan Pribadi atau Personal Protective Equipment/PPE yang wajib tersedia dan digunakan. Menurut Code Of Federal Regulations (CFR) tahun 1926, alat keselamatan pribadi tersebut from head to toe antara lain adalah sebagai berikut.

Head Protection

Para pekerja yang bekerja di tempat yang berpotensi mencederai kepala mereka seperti lokasi konstruksi, tambang, dan lain-lain – wajib mengenakan helm pelindung. Helm ini harus mampu melindungi kepala mereka dari terkena hantaman benda keras dan berat dan juga tahan saat terkena sengatan listrik dan api. Pelindung kepala harus bertahan terhadap dampak pukulan dan mampu menahan penetrasi dan menyerap shock pukulan. Dalam beberapa kasus, topi harus juga melindungi terhadap kejutan listrik. Warna dari helm Proyek juga memberikan arti posisi atau jabatan seseorang di dalam suatu Proyek, antara lain :

  1. Helm safety berwarna putih biasanya digunakan oleh manajer, pengawas, insinyur, mandor.
  2. Helm safety berwarna biru biasanya digunakan oleh site supervisor, electrical contractor atau pengawas sementara.
  3. Helm safety berwarna kuning biasanya digunakan oleh sub contractor atau pekerja umum.
  4. Helm safety berwarna hijau biasanya digunakan dan dipakai oleh pengawas lingkungan.
  5. Helm safety berwarna pink biasanya juga digunakan oleh pekerja baru atau magang.
  6. Helm safety berwarna orange biasanya juga dipakai oleh tamu perusahaan.
  7. Helm safety berwarna merah biasanya digunakan oleh safety officer yang memiliki tanggung jawab untuk memeriksa sistem keselamatan sudah terpasang dan berfungsi sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

Eye Protection

Langkah pertama dalam program perlindungan mata adalah menentukan risiko. Potensi bahaya mata dapat ditemukan di hampir setiap industri, tetapi pekerjaan tertentu membawa resiko yang lebih besar. Biro Statistik tenaga kerja melaporkan bahwa lebih dari 40 persen dari cedera mata terjadi antara pekerja seperti Mekanika, Toko-toko, tukang kayu dan tukang pipa.

Lebih dari sepertiga dari pekerja yang terluka dalam satu mata perlindungan studi yang koperasi, perakitan, sanders dan operator mesin grinding. Buruh menderita sekitar seperlima dari cedera mata. Hampir setengah terluka pekerja yang bekerja di manufaktur; sedikit lebih dari 20 persen berada dalam konstruksi. Beberapa bahaya yang mungkin menyebabkan cedera mata meliputi:

  • Debu dan partikel lainnya terbang, seperti logam serutan atau wol serat.
  • Logam cair yang mungkin splash.
  • Asam dan lain kaustik cairan kimia yang mungkin splash.
  • Darah dan cairan tubuh lainnya berpotensi menular yang mungkin splash, semprot, atau berhamburan.
  • Intens cahaya seperti yang dibuat oleh pengelasan busur dan laser.

Karna alat keselamatan pribadi cukup banyak, maka akan kami lanjutnya di bagian ke 2.

PT. Duta Amanah Insani Indonesia merupakan distributor resmi Kimberly-Calrk Profesional dan juga Master Lock Indonesia, menyediakan perlengkapan safety/APD untuk semua segmen industry. Untuk pemesanan produk, silakan hubungi kami :
PT.DAI Indonesia, Ruko Rawa Bunga Blok A4 N0 9 Jl.Raya Bekasi Timur, Jatinegara – Jakarta Timur.
www.dai-indonesia.com | arbhi.dm@dai-indonesia.com | (021) 22085507 | 0878-8880-2986

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kami akan berikan TRAINING GRATIS tentang Product Knowledge LOTO, Segera HUBUNGI KAMI .., Dismiss